RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X / 2
Konsep : Cahaya dan optika geometris
Waktu : 8 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
KOMPETENSI DASAR
1. Menganalisis perilaku cahaya
2. Menggambarkan proses pemantulan dan
pembiasan cahaya
3. Menganalisis sifat suatu zat optis
4. Menganalisis proses pembentukan bayangan
satu benda secara kualitatif dan kuantitatif
INDIKATOR
1. Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya
2. Menjelaskan perbedaan pemantulan dan
pembiasan
3.
Menggambar sinar-sinar istimewa pada lensa cembung
dan cekung
4. Menggambar pembentukan bayangan pada lensa
cembung dan cekung
5. Menghitung perbesaran bayangan
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat
cahaya
2.
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan pemantulan
dan pembiasan
3.
Peserta didik dapat menggambar sinar-sinar istimewa
pada lensa cembung dan cekung
4.
Peserta didik dapat menggambar pembentukan bayangan pada lensa cembung dan cekung
5.
Peserta didik dapat
menghitung perbesaran bayangan pada lensa
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Sifat-sifat cahaya
2. Perbedaan pemantulan dan pembiasan
3. Lensa dan jenis-jenisnya
4. Sinar istimewa pada lensa
5. Pembentukan bayangan pada lensa
6. Kuat lensa
D. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
E. Langkah-langkah
Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi:
- Apa itu cahaya ?
- Sebutkan manfaat cahaya ?
- Kenapa pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air terlihat
patah ?
Prasyarat pengetahuan:
- Apa perbedaan cahaya dan sinar ?
- Apa perbedaan antara pemantulan dan
pembiasan cahaya ?
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan dengan metode tanya jawab
tentang sifat-sifat cahaya, perbedaan cahaya dan sinar
2. Guru bersama Peserta didik berdiskusi
tentang hukum pemantulan dan pembiasan
3. Dari hasil diskusi Peserta didik dapat
menjelaskan peristiwa pemantulan dan pembiasan serta merumuskan persamaan hukum
pemantulan dan pembiasan
4. Guru memberi contoh penyelesaian soal
5. Memberi latihan uji kompetensi
6. Guru dan Peserta didik membahas latihan
uji kompetensi dengan memberi kesempatan kepada 3 orang Peserta didik untuk
mengerjakan di papan tulis
c. Kegiatan Penutup
1. Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
berdiskusi untuk membuat rangkuman.
3. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
soal.
F. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Buku A . Bambang Ruwanto, 2006. Asas-asas Fisika, SMA kelas X
Semester kedua
1B. Jakarta : Yudhistira. Halaman 1-54
Media Pembelajaran :
Alat : gelas, air, pensil, prisma, cermin, busur derajat, koin,
lensa
I. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif : Hasil Ulangan Soal –
soal Uji Kompetensi untuk pokok bahasan yang sesuai.
2. Penilaian afektif : Menilai aspek minat,
etika dan kerjasama dalam kelompok dengan menggunakan lembar pengamatan.
3. Penilaian psikomotorik : Menilai aspek
kemampuan kerja Peserta didik
0 komentar:
Posting Komentar